Pesan Kasdam IM Saat Hadiri Asesmen Bakat Minat (ABM) SMA Kartika XIV -I Banda Aceh : Sekolah Arahkan Sesuai Minat dan Bakat

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Banda Aceh - Kepala Staf Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigjen TNI  Ayi Supriatna, S.I.P., M.M. menghadiri acara Asesmen Bakat Minat (ABM) di SMA Kartika XIV -I Banda Aceh, Senin (29/07/2024) pagi.

Asesmen Bakat dan Minat (ABM) SMA Kartika XIV -I Banda Aceh berlangsung selama dua hari dari tanggal 29 sd 30 Juli 2024. SMA Kartika XIV -I Banda Aceh yang diikuti oleh 31 siswa kelas X.

Pada kesempatan tersebut Kasdam IM Brigjen TNI  Ayi Supriatna, S.I.P., M.M. menyampaikan, Asesmen Bakat Minat (ABM) merupakan tes yang mengukur potensi seseorang yang dirancang untuk memprediksi kemampuan peserta didik pada bakat di bidang-bidang khusus dan minat berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan tertentu.

Lebih Lanjut, kegiatan tersebut meliputi verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanika, bahasa dan klerikal. Sedangkan untuk Asesmen Minat meliputi minat dasar, minat metodis, dan minat praktis.

"Untuk itu, semua para siswa-siswi SMA Kartika XIV -I Banda Aceh harus mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari, semangat dalam mengikuti Asesmen Bakat Minat (ABM), saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbudristek RI atas layanan ABM yang telah diberikan." Tutup Kasdam IM.

Kegiatan ini menurut Rita Elisa, S.Pd. Kepala SMA Kartika XIV-I Banda Aceh sangatlah bagus dalam rangka mengukur potensi siswa berdasarkan pada ketertarikan bidang keahlian sehingga dapat menimbulkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajarannya.

“Tujuan kegiatan ABM ini adalah untuk mengetahui bakat dan minat yang difasilitasi oleh pemerintah secara gratis. Tugas Sekolah mengarahkan dan memfasilitasi kegiatan tersebut” ungkap Rita Elisa, S.Pd. 

Ke depannya setelah diumumkan hasilnya, pihak SMA Kartika XIV-I Banda Aceh akan memberikan arahan kepada siswa untuk orang tua terkait hasil dari ABM dan selanjutnya diserahkan kepada guru dan orang tua untuk menyalurkan bakat anak tersebut.

“Sekolah juga akan memberikan arahan dan masukan bagi siswa kelas X untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minatnya ketika melanjutkan ke sekolah jenjang menengah atas” demikian ucap Rita Elisa, S.Pd.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kadisdik Aceh Bapak Martunis, S.T., D.E.A., Kabid GTK Disdik Aceh, Bapak Muksal, S.Pd., M.Si., Kacab Banda Aceh dan Aceh Besar Syarwan Jhoni, S.Pd., M.Pd. , Para Dewan Guru dan Para Siswa-siswi SMA Kartika XIV -I Banda Aceh.
Share:
Komentar

Berita Terkini