Gandeng TNI, Distanpan Abdya Kembangkan Padi Gogo

Laporan: Heri author photo
ilustrasi padi varietas Gogo


ACEHPRESS, Abdya- Dalam upaya meningkatkan produktivitas beras di musim kemarau, Kodim 0110/Abdya bersinergi dengan Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memperkenalkan varietas padi unggul terbaru, padi Gogo.

Promosi program tersebut berlangsung melalui acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pertanian di aula Desa Ujung Padang Kecamatan Manggeng, Jumat (2/8/2024).

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Beni Maradona, S.Sos. melalui Plh. Pasiter Kapten Inf Fajar Setyawan mengatakan varietas padi Gogo ini memiliki keunggulan dalam toleransi terhadap kondisi cuaca kering dan minim air. Ia optimis langkah ini menjadi alternatif yang baik dalam upaya meningkatkan produktivitas beras di musim kemarau.

"Padi ini mudah kali perawatannya, tidak memerlukan banyak air. Tidak harus ditanam di sawah, di ladang, kebun-kebun juga bisa," katanya.

Sementara, Perwakilan Kementan Yova Nofrizal, SP., MSi. didampingi Plt. Distanpan Abdya Hendriyadi, SP. optimisme bahwa pengenalan padi Gogo ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi peningkatan produktivitas pertanian di musim kemarau. 

"Dengan adanya inovasi ini, diharapkan petani kita dapat mengurangi risiko gagal panen akibat kekeringan. Sehingga produksi beras terus semakin meningkat yang berdampak meningkatnya kesejahteraan para petani," terangnya. 

Pantauan, acara Rakor dan pengenalan padi Gogo ini mendapat respon positif dari para petani setempat. Mereka antusias mengikuti penyuluhan terkait cara menanam padi Gogo secara optimal. Mereka juga diberikan informasi mengenai teknik pengairan dan pemupukan yang sesuai untuk mendukung pertumbuhan padi Gogo dengan maksimal.**


Share:
Komentar

Berita Terkini