Pangdam IM Resmi Menutup RTLH TMMD Ke-121 Kodim 0106/Ateng.

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Aceh Tengah - Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, M.Tr (Han)., didampingi Ketua Persit KCK Daerah IM Ny. Eva Niko Fahrizal secara resmi menutup kegiatan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-121 Kodim 0106/Aceh Tengah yang berlangsung di Lap. Bola Kaki Ds. Gele Pulo, Kec. Bintang, Kab. Aceh Tengah, pada Kamis (22/08/24) pagi.

Kedatangan Pangdam IM dan Ketua Persit KCK Daerah IM disambut hangat oleh Dandim 0106/Ateng dan Forkopimda Kab. Aceh Tengah serta masyarakat sekitar Ds. Gele Pulo, Kec. Bintang, Kab Ateng kemudian dilanjutkan dengan pengalungan Syal, Peusijeuk, dan penyambutan Tari Guel Khas Gayo.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti oleh Pangdam IM, penyerahan sembako secara simbolis, dan meninjau beberapa posko yang tersedia diantaranya posko pengobatan massal, posko pelayanan KB, kegiatan donor darah, stand dan pasar murah dan UMKM binaan Kodim 0106/Ateng, kemudian melanjutkan peninjauan ke lokasi sasaran RTLH.

Dalam peninjauan lokasi RTLH tersebut Pangdam IM menyerahkan secara simbolis penyerahan Kunci Rumah kepada masyarakat Ds. Gele Pulo, dilanjutkan menuju sasaran lokasi TMMD Ke-121 Kodim Ateng dengan meninjau beberapa sasaran lokasi diantaranya meninjau pemeliharaan jalan yang terbentang sepanjang 4.500 meter, pembukaan jalan sepanjang 2.000 meter, rehab 1 unit jembatan kayu, dan meninjau 7 unit gorong-gorong.

Perlu diketahui, tujuan dari kegiatan TMMD ini adalah untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun non fisik dalam rangka memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat untuk menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh guna mendukung pembangunan Nasional di bidang pertahanan Negara.

Dalam kegiatan itu juga turut dilaksanakan program unggulan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), program tersebut meliputi kegiatan Manunggal Air, Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Ketahanan Pangan, dan Penurunan Stuntings serta Penanaman Pohon.

Penutupan kegiatan tersebut menandai berakhirnya Program TMMD Ke-121 yang dilaksanakan secara serentak di tiga Kabupaten di wilayah Kodam IM, yaitu di wilayah Kodim 0106/Aceh Tengah, Kodim 0119/Bener Meriah, dan Kodim 0114/Aceh Jaya.

Dalam amanatnya Pangdam IM menyampaikan, Sejalan dengan tema TMMD kali ini, “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah”, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersinergi dan bekerja sama dengan semangat gotong-royong untuk membangun daerah masing-masing, sekaligus mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang ada di hadapan kita. Kemajuan teknologi serta tantangan bidang ekonomi dan sosial budaya menuntut partisipasi setiap anak bangsa untuk membina diri dan memajukan daerahnya. “Hal ini dapat dimulai dari tingkat Desa, Kelurahan, Kecamatan, dan Kabupaten/Kota. Kita sebagai anak bangsa dan bagian dari masyarakat harus membangun diri dan menunjukkan kontribusi kita dengan saling membantu dan bekerjasama. Ingatlah bahwa bangsa kita hanya dapat mencapai kemajuan bila kita saling membantu, Bersinergi di segala bidang, serta saling menguatkan mulai dari masyarakat di tingkat bawah”. Ujar Pangdam IM.

Mayjen TNI Niko Fahrizal mengukapkan bahwa TNI  Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai salah satu wujud Operasi Bakti TNI yang merupakan program terpadu, lintas sektoral antara TNI, Polri, Kementerian/ Lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta Komponen Bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan, pulau-pulau terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana.

Panglima menambahkan selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD Ke-121 ini secara resmi dibuka pada 24 Juli 2024 yang lalu, para Prajurit TNI, anggota Kepolisian, Aparat Pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras, guna menyelesaikan Program TMMD Ke-121 ini. TNI Manunggal Membangun Desa yang diprogramkan dan telah dilaksanakan bertujuan membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun non fisik dalam rangka mendukung aspek pertahanan darat guna menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh serta Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) wilayah pertahanan.

“Dengan Dengan telah berakhirnya TMMD Ke-121 ini, saya berpesan kepada kita semua, khususnya kepada anggota Satgas TMMD serta masyarakat agar terus menjaga kebersamaan sekaligus kemanunggalan antara TNI dengan rakyat guna mengembangkan potensi daerah kita masing-masing menjadi lebih maju, sehingga kita dapat bersaing dengan wilayah lainnya”.Tutur Myjen TNI Niko Fahrizal.

Menghakiri sambutanya Pangdam IM menyampaikan bahwa dirinya selaku Penanggungjawab Keberhasilan Operasi (PKO) TMMD menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama pemerintah daerah dan masyarakat, atas segala dukungannya, sehingga TMMD ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Asops Kasdam IM beserta istri, Aster Kasdam IM beserta istri, Asrendam IM beserta istri, Danrem 011/LW beserta Istri, Dandim Aceh Tengah beserta istri, Pj. Bupati Aceh Tengah dan Forkopimda Kab. Ateng, selain itu juga hadir para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh adat, Tokoh Pemuda dan para prajurit TNI serta segenap personel satgas TMMD dan masyarakat sekitar Ds. Gele Pulo.
Share:
Komentar

Berita Terkini