Pangdam Iskandar Muda Hadiri Semarak Karnaval Pawai Budaya HUT Ke-79 Kemerdekaan RI.

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Banda Aceh – Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, M.Tr.(Han), menghadiri Semarak Karnaval Pawai Budaya dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, yang mengusung tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju". Acara ini berlangsung dengan meriah di halaman Kantor Gubernur Aceh, Kota Banda Aceh, pada Minggu (18/08/24).

Karnaval yang menjadi puncak perayaan HUT Kemerdekaan di Banda Aceh ini diikuti oleh ratusan siswa dan siswi dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/SMK, yang berasal dari Banda Aceh dan Aceh Besar. Dalam karnaval ini, para peserta mengenakan pakaian adat dari seluruh provinsi di Indonesia, memperlihatkan keragaman budaya Nusantara yang memukau ribuan penonton yang hadir. Rute karnaval menempuh jarak sekitar 4,20 KM, dimulai dari Taman Ratu Safiatuddin PKA, melintasi Kantor Gubernur Aceh, kemudian berputar di depan Kantor BKKBN menuju Jambotape, dan berakhir di PKA setelah melewati Mako Brimob.

Dalam acara yang penuh warna dan semangat ini, turut hadir Pj. Gubernur Aceh, Kapolda Aceh, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta ribuan masyarakat yang dengan antusias menyaksikan perhelatan budaya ini. Kehadiran para pejabat tinggi daerah menunjukkan sinergi yang kuat dalam memperingati hari bersejarah ini.

Semarak Karnaval Pawai Budaya ini tidak hanya menjadi ajang unjuk kebolehan budaya dari para peserta, tetapi juga sebagai sarana edukasi bagi masyarakat untuk semakin mencintai dan melestarikan warisan budaya Nusantara. Dengan diusungnya tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju", acara ini menjadi momentum untuk menguatkan kembali semangat kebangsaan dan kebersamaan dalam menyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik.
Share:
Komentar

Berita Terkini