Pangdam Iskandar Muda Respon Cepat Bangun Rumah untuk Warga Kurang Mampu di Aceh Tengah

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Aceh Tengah - Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, M.Tr(Han)., menunjukkan respon cepat dan kepedulian tinggi terhadap warga kurang mampu dengan membangun rumah layak huni bagi Ibu Kumalasari, seorang janda dengan dua anak perempuan di Desa Dedamar, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah pada Kamis (22/08/24) siang.

Ibu Kumalasari, yang sehari-hari bekerja sebagai buruh tani dengan penghasilan terbatas, harus membesarkan dua anaknya, Murni (kelas 1 SMA) dan Kaidah (kelas 6 SD), dalam kondisi kehidupan yang sangat sulit. Selama ini, keluarga Ibu Kumalasari tinggal di rumah kayu sederhana milik tetangganya, dengan fasilitas yang sangat minim. Untuk memasak, ia harus menggunakan tungku di luar rumah, dan untuk mandi, mereka terpaksa menggunakan fasilitas umum di Meunasah setempat.

Kondisi memprihatinkan ini dilaporkan oleh Babinsa Desa Dedamar kepada Danramil Bintang dan Dandim 0106/Aceh Tengah Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo SE, M.Han., Setelah mengecek langsung situasi di lapangan, Dandim 0106/Aceh Tengah melaporkan masalah ini kepada Danrem 011/Lilawangsa dan Pangdam Iskandar Muda. Menanggapi laporan tersebut, Pangdam IM langsung memberikan perintah agar segera dibangun rumah layak untuk keluarga Ibu Kumalasari. Pelaksanaan pembangunan rumah dilakukan bersamaan dengan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 yang diselenggarakan oleh Kodim 0106/Aceh Tengah.

Pembangunan dimulai dari nol, mencakup dapur dan kamar mandi yang layak untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarga Ibu Kumalasari. Pada penutupan kegiatan TMMD ke-121, Pangdam Iskandar Muda secara langsung menyerahkan kunci rumah baru tersebut kepada Ibu Kumalasari. Tak hanya itu, Pangdam IM juga memberikan bantuan berupa tempat tidur dan bingkisan lainnya sebagai wujud kepedulian terhadap kesejahteraan keluarga tersebut.

Pangdam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, menyatakan bahwa perhatian terhadap permasalahan masyarakat merupakan bagian dari tugas pokok Kodam Iskandar Muda, terutama dalam Pembinaan Teritorial dan Komunikasi Sosial. “Kami berkomitmen untuk selalu hadir dan membantu masyarakat, khususnya dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh rakyat di sekitar kami,” ujar Pangdam IM.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan baik antara TNI dan masyarakat, serta menunjukkan bahwa Kodam Iskandar Muda selalu hadir untuk memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh warga, sejalan dengan salah satu butir 8 Wajib TNI, yaitu mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekitarnya.

Dengan terlaksananya pembangunan rumah ini, diharapkan keluarga Ibu Kumalasari dapat hidup lebih nyaman dan sejahtera, serta terus optimis dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
Share:
Komentar

Berita Terkini