Pj Bupati Aceh Besar Pimpin Apel Tahunan 2024 Pesantren Tgk Chiek Oemar Diyan

Laporan: REDAKSI author photo
KOTA JANTHO — Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, memimpin Apel Tahunan 2024 dalam rangka Pekan Orientasi Kepesantrenan di lapangan Pesantren Modern Tgk Chiek Oemar Diyan, Indrapuri, Aceh Besar, Sabtu (24/8/2024).
Upacara pengibaran bendera kebanggaan Pesantren Modern Tgk Chiek Oemar Diyan tersebut diwarnai dengan inspeksi pasukan yang dilakukan oleh Pj Bupati Muhammad Iswanto bersama Pimpinan Pesantren Modern Tgk Chiek Oemar Diyan, Tgk H Fakhruddin Lahmuddin. 

Sebelum apel dimulai, kedatangan Pj Bupati Muhammad Iswanto disambut meriah dengan sebuah arak-arakan menggunakan mobil khusus yang telah disiapkan oleh panitia, dan diiringi oleh penampilan drum band dari para santri. 

Suasana semakin semarak dengan adanya pemberian penghormatan dan sapaan oleh seluruh siswa-siswi pesantren, yang terdiri dari berbagai tingkatan kelas. Mereka mengenakan aneka seragam, mulai dari seragam sekolah, pencak silat, taekwondo, hingga aneka seragam lainnya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Muhammad Iswanto mengapresiasi banyaknya siswa siswi dan lulusan Pesantren Tgk Chiek Oemar Diyan yang menoreh berbagai prestasi di berbagai tingkatan. Ia mengakui pesantren tersebut merupakan salah satu pesantren modern yang berkualitas di Kabupaten Aceh Besar. "Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya penghargaan yang telah diraih oleh para siswa maupun lulusan dari pesantren ini, baik di tingkat nasional maupun internasional," ungkapnya. 

Pj Bupati Iswanto mengatakan, akan terus berupaya untuk dapat hadir pada setiap kegiatan yang digelar oleh Pesantren Modern Tgk Chiek Oemar Diyan. Kemudian, ia juga mengajak para santri untuk terus termotivasi dan bersemangat dalam menuntut ilmu serta menjalani kegiatan di pesantren. "Teruslah berkreasi, berinovasi, karena bangsa membutuhkan pemuda yang mempunyai bekal agama serta berilmu pengetahuan tinggi," imbuhnya.

Selain itu, ia juga berpesan agar para santri menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya untuk hal-hal yang bermanfaat, dengan harapan mereka kelak menjadi generasi yang berguna bagi orang tua, bangsa, dan negara. Pj Bupati Iswanto juga menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan seluruh jajaran manajemen Pesantren Modern Tgk Chiek Oemar Diyan yang telah berkontribusi dalam mencerdaskan generasi muda Kabupaten Aceh Besar. 

"Kita harap pesantren ini bisa terus menjadi pesantren yang menjaga kualitas pendidikan, sehingga bisa terus melahirkan insan-insan qurani yang berkompeten serta terus berperan sebagai garda terdepan dalam melestarikan nilai-nilai kearifan lokal dan keislaman," tandasnya.

Sementara itu, Pimpinan Pesantren Modern Tgk Chiek Oemar Diyan, Tgk H Fakhruddin Lahmuddin, menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada Pj Bupati Aceh Besar atas kesediaannya untuk hadir dalam apel tahunan tersebut. "Kami sangat berterima kasih atas kehadiran dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Aceh pada agenda hari ini," sebutnya.

Di sisi lain, Tgk H Fakhruddin juga memaparkan data statistik mengenai jumlah santri pada tahun pelajaran 2024-2025 serta berbagai prestasi yang telah diraih oleh para santri, baik di tingkat internasional, nasional, maupun provinsi. "Berbagai prestasi ini mencakup bidang seni, sains, dan tahfidz Al-Qur'an. Kemudian, beberapa alumni pesantren juga berhasil masuk ke perguruan tinggi ternama dan meraih prestasi di luar negeri," sebutnya.

Mengakhiri sambutannya, mantan Ketua MPU Aceh Besar Tgk Fakhruddin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran kegiatan pesantren, terutama kepada Penjabat Bupati Aceh Besar. Ia juga mengharapkan bimbingan dan arahan lebih lanjut demi kemajuan pesantren ke depannya.

Usai pelaksanaan apel, Pj Bupati Muhammad Iswanto didampingi pimpinan pesantren, perwakilan Polres Aceh Besar, unsur Forkopimcam Indrapuri, serta tokoh masyarakat lainnya, turut menyerahkan hadiah kepada para santri yang menoreh prestasi.

Tidak hanya Pj Bupati Muhammad Iswanto, apel tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Besar Abu Bakar SAg, tokoh masyarakat, Forkopimcam Indrapuri, perwakilan instansi vertikal, serta para orang tua santri. (**)
Share:
Komentar

Berita Terkini